REALITA PEMBELAJARAN
seberapa jauh guru semangat mengajar, begitulah murid aktif belajar
sedalam apakah kontekstual pembelajaran, murid mengenal jatidirinya dalam kehidupan
sistematika seperti apakah guru mengajar, sistematis pula murid memiliki kecerdasan
jenis pertanyaan guru dalan kompetensi, berpengaruh terhadap pola berpikir tingkat tinggi
seiring dengan ragam mata pelajaran, materi pembelajaran, situasi kondisi pembelajaran, karakteristik pengampu kegiatan
maka, beragam pula guru menyajikan materi dalam kegiatan pembelajaran
guru adalah pekerja profesional
sebagai pekerja yang tahu akan pekerjaannya, maka ASUMSI sederhana berikut ini merupakan induksinasi dari berbagai macam realita pola pembelajaran:
1. apa yang akan dibelajarkan
2. bagaimana cara membelajarkan
3. perubahan yang diinginkan
4. tindak lanjut pembelajaran
saudaraku seprofesi ...
tulisan ini terkandung maksud bahwa "apapun yang selama ini kita hidangkan" masih perlu menanamkan 4 asumsi di atas dalam pikiran, agar tugas yang begitu rumit ini dapat kita perjuangkan dengan mudah sebagai penyelaras, penyeimbang dan harmoni dalam seni pembelaj
Tidak ada komentar:
Posting Komentar