Jumat, 10 Agustus 2012

Sekolahku Surgaku ( Madrosatii Jannatii "


VISI
BERDASARKAN  PEMBELAJARAN MENYENANGKAN
KITA BEKALI PESERTA DIDIK MEMILIKI
  KECAKAPAN  HIDUP  BERKARAKTER
Kata Kunci : Pembelajaran Menyenangkan, Kecakapan Hidup, Pendidikan Karakter
MISI
1.      Pembelajaran Menyenangkan
1.1. Melaksanakan Beban Minimal Kerja Guru
1.2. Memanfaatkan Sarana Prasarana Pembelajaran
1.3. Melaksanakan Penilaian Pembelajaran
2.      Potensi Kecakapan Hidup
2.1. Memperhatikan Potensi Kecakapan Personal dan Sosial
2.2. Memperhatikan Potensi Kecakapan Akademik
3.      Pendidikan Karakter
3.1. Memperhatikan Unsur Iman Taqwa dalam Pembelajaran
3.2. Memperhatikan Unsur Iman Taqwa dalam Kegiatan Sekolah
TUJUAN :
1.      Pembelajaran Menyenangkan
1.1. Melaksanakan Beban Minimal Kerja Guru
1.1.1.        Merencanakan proses pembelajaran
1.1.2.        Melaksanakan proses pembelajaran
1.1.3.        Membimbing, melatih dalam proses pembelajaran
1.1.4.        Menilai proses dan hasil pembelajaran
1.1.5.        Melaksanakan tugas tambahan
1.2. Memanfaatkan Sarana Prasarana Pembelajaran
1.2.1.        Melengkapi sarana prasarana pembelajaran
1.2.2.        Membelajarkan dengan cara bekerja dan pengalaman
1.3. Melaksanakan Penilaian Pembelajaran
1.3.1.        Melaksanakan penilaian proses pembelajaran
1.3.2.        Melaksanakan penilaian hasil pembelajaran
1.3.3.        Melaksanakan refleksi pembelajaran
2.      Potensi Kecakapan Hidup
2.1. Memperhatikan Potensi Kecakapan Personal dan Sosial
2.1.1.        Mengkondusifkan potensi personal dan sosial dalam pembelajaran
2.1.2.        Mengkondusifkan potensi personal dan sosial dalam kegiatan sekolah
2.2. Memperhatikan Potensi Kecakapan Akademik
2.2.1.        Memotivasi dan meningkatkan potensi kecakapan akademik
2.2.2.         Mengikuti dan menjuarai lomba kegiatan kependidikan
3.      Pendidikan Karakter
3.1. Memperhatikan Unsur Iman Taqwa dalam Pembelajaran
3.1.1.        Membudidayakan ahlakul karimah dalam kecakapan personal, sosial
3.1.2.        Mengintegrasikan pengetahuan ( nilai ) agama dalam kecakapan akademik   
3.2. Memperhatikan Unsur Iman Taqwa dalam Kegiatan Sekolah
3.2.1.        Membudidayakan ahlakul karimah dalam kegiatan sekolah
SASARAN :
1.       Pembelajaran Menyenangkan
1.1. Melaksanakan Beban Minimal Kerja Guru
1.1.1.        Merencanakan proses pembelajaran
1.1.1.1.  Guru memiliki persiapan pembelajaran lengkap dengan media
1.1.1.2.   Peserta didik siap menerima pembelajaran
1.1.2.        Melaksanakan proses pembelajaran
1.1.2.1.  Guru mengelola kelas sehingga peserta didik siap mengikuti pembelajaran dengan kondusif
1.1.2.2.   Guru membelajarkan materi dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sehingga peserta didik aktif belajar menggunakan potensinya di dunia nyata sekitarnya
1.1.2.3.  Guru membelajarkan materi dengan strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan)
1.1.2.4.  Guru memperhatikan Paikem yang GEMBROT (gembira tapi berbobot), GEMULAI (gembira tapi bernilai) dan GEMIDIK (gembira namun terdidik) agar kesenangan dalam pembelajaran tetap kondusif
1.1.2.5.   Guru mengupayakan kegiatan Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga peseta didik membangun pengetahuannya melalui pengalamannya sendiri
1.1.2.6.  Guru mengakhiri pembelajaran dengan refleksi dan peserta didik menunjukkan hasil pembelajarannya
1.1.3.        Membimbing, melatih dalam proses pembelajaran
1.1.3.1.  Guru memotivasi peserta didik agar aktif dalam proses pembelajaran
1.1.3.2.   Guru memfasilitasi yang dibutuhkan pesrta didik dalam proses pembelajaran
1.1.4.        Menilai proses dan hasil pembelajaran
1.1.4.1.  Guru menilai tingkat ketercapaian proses pembelajaran
1.1.4.2.  Guru menilai tingkat ketercapaian hasil pembelajaran
1.1.4.3.  Guru melaporkan nilai hasil pembelajaran
1.1.4.4.   Guru meningkatkan mutu pendidikan melalui upaya peningkatan proses dan hasil pembelajaran
1.1.5.        Melaksanakan tugas tambahan
1.1.5.1.  Guru melaksanakan tugas tambahan dengan kompetensi Personal. Sosial, Pedagogik dan Profesional yang dimilikinya
1.2. Memanfaatkan Sarana Prasarana Pembelajaran
1.2.1.        Melengkapi sarana prasarana pembelajaran
1.2.1.1.  Menggunakan lingkungan sekitar yang murah tepat untuk dijadikan sebagai sumber pembelajaran
1.2.1.2.  Membuat media yang murah tepat untuk dijadikan sebagai sarana pembelajaran
1.2.1.3.  Memanfaatkan perkembangan teknologi (internet) untuk dijadikan sebagai sarana pembelajaran
1.2.2.        Membelajarkan dengan cara bekerja dan pengalaman
1.2.2.1.  Memotivasi peserta didik membngun sendiri pengetahuannya mulai dari sedikit demi sedikit yang hasilnya diperluas sehinggga menjadi bermakna
1.2.2.2.  Memotivasi peserta didik menemukan sendiri pengetahuannya melalui pembelajaran proses inquiry
1.2.2.3.  Memotivasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan bertanya
1.2.2.4.   Memotivasi peserta didik untuk aktif dalam belajar kelompok
1.2.2.5.  Memberi contoh, demonstrasi cara pemecahan masalah (modeling)
1.3. Melaksanakan Penilaian Pembelajaran
1.3.1.        Melaksanakan penilaian proses pembelajaran
1.3.1.1.  Memberikan angket penilaian proses pembelajaran
1.3.1.2.  Memberikan pertanyaan/dialog tentang proses pembelajaran
1.3.2.        Melaksanakan penilaian hasil pembelajaran
1.3.2.1.  Membuat instrument penilaian
1.3.2.2.  Melaksanakan penilaian harian, tengah semester, semester dan UKK
1.3.2.3.  Melaksanakan penilaian remidi, pengayaan, dan percepatan
1.3.3.        Melaksanakan refleksi pembelajaran
1.3.3.1.  Mengkonfirmasikan hasil belajar bersama peserta didik
1.3.3.2.  Menganalisis nilai proses dan hasil pembelajaran
1.3.3.3.  Menindaklanjuti temuan analisis pembelajaran
1.3.3.4.  Memperhatikan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
2.       Potensi Kecakapan Hidup
2.1. Memperhatikan Potensi Kecakapan Personal dan Sosial
2.1.1.        Mengkondusifkan potensi personal dan sosial dalam pembelajaran
2.1.1.1.  Memberi ketauladanan selama proses pembelajaran berlangsung
2.1.1.2.  Mensosialisasikan kewajiban peserta didik sesuai Pasal 169, PPRI. No. 17 Tahun 2010 tentang “Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan”
2.1.1.3.  Berinteraksi dengan baik selama proses pembelajaran berlangsung
2.1.2.        Mengkondusifkan potensi personal dan sosial dalam kegiatan sekolah
2.1.2.1.  Memberi ketauladanan selama kegiatan sekolah berlangsung
2.1.2.2.  Mensosialisasikan  aturan-aturan dalam kegiatan sekolah
2.1.2.3.  Berinteraksi dengan baik selama kegiatan sekolah berlangsung
2.2. Memperhatikan Potensi Kecakapan Akademik
2.2.1.        Memotivasi dan meningkatkan potensi kecakapan akademik
2.2.1.1.  Mendorong peserta didik semangat mengikuti pembelajaran
2.2.1.2.  Meningkatkan KKM dan nilai akhir dari Ujian Nasional dan Sekolah
2.2.2.         Mengikuti dan menjuarai lomba kegiatan kependidikan
2.2.2.1.  Mengikuti semua kegiatan lomba kegiatan kependidikan
2.2.2.2.  Semangat membina, melatih sehingga memperoleh kejuaraan
3.       Pendidikan Karakter
3.1. Memperhatikan Unsur Iman Taqwa dalam Pembelajaran
3.1.1.        Membudidayakan ahlakul karimah dalam kecakapan personal, sosial
3.1.1.1.  Memberi ketauladanan
3.1.1.2.  Menginteraksikan ahlakul karimah dengan kecakapan personal dan sosial
3.1.1.3.   Memberi sanksi (apresiasi) terhadap pelanggaran ahlakul karimah  
3.1.2.        Mengintegrasikan pengetahuan ( nilai ) agama dalam kecakapan akademik
3.1.2.1.  Mengkoneksikan hasil belajar dengan pengetahuan (nilai) agama melalui kegiatan refleksi
3.1.2.2.  Memperhatikan nilai-nilai agama dalam penyusunan soal   
3.2. Memperhatikan Unsur Iman Taqwa dalam Kegiatan Sekolah
3.2.1.        Membudidayakan ahlakul karimah dalam kegiatan sekolah
3.2.1.1.  Memberi ketauladanan
3.2.1.2.  Menginteraksikan ahlakul karimah dalam kegiatan sekolah
3.2.1.3.   Memberi sanksi (apresiasi) terhadap pelanggaran ahlakul karimah  
PENUTUP :
Kami peserta didik SMP N 2 Nalumsari. Jepara, Jawa Tengah bersikap:
v  Suka dengan Menu Hidangan Pembelajaran yang Paikem  Gembrot,  Gemulai dan Gemidik Karena bisa asyik
v  Suasana sekolah kami adalah SURGAWI (madrosati jannati) sehingga kami siap untuk berkompetisi demi prestasi
v  Bapak Ibu guru, terimakasih, telah mendidik kami, kami adalah peserta didik berpribadi

v  Bapak Ibu guru, kami segera kembali menjumpaimu, dengan menjabat tanganmu bahwa do’amu terbukti, amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

apakah anda menyukai ini

Cari Blog Ini

Pengikut

thank for your attention

maturnuwun sanget